Guru Favorit

Tiga kali berturut-turut menjadi guru idola, patut kita acungkan jempol kepada Bu Naziar H.md. Hampir setiap tahun pada peringatan hari guru Umi, begitu sapaan akrab beliau, selalu menjadi guru idola di SMAN 6 Padang. Kenapa sih sampai Idola, yuk kita lihat saja profil dari Umi ini.
Selain mengajar di SMAN 6 Padang, Umi juga mengajar di Pesantren Hamka. Umi mengaku sangat jauh berbeda metode pengajaran yang dilakukan di dua sekolah ini. ” Di SMAN 6 semua siswanya merupakan gabungan dari putra dan putri, sementara di Hamka kesemua siswanya adalah putra jadi perlu cara pengajaran yang berbeda”, terang guru pendidikan agama Islam ini.
Menurut Umi, hal yang harus beliau lakukan dalam mengajar yaitu memahami kondisi siswa. ” Setiap siswa memiliki kondisi yang berbeda. Setiap lokal berbeda cara penangannya. Bahkan, didalam kelas saja juga perlu penanganan yang berbeda juga terhadap masing-masing siswa”, Jelas Umi.
Banyak siswa yang tidak serius dalam belajar. Hal ini tentu mempunyai sebab dan alasan tertentu. Untuk itu, Umi juga terkadang juga melakukan pendekatan emosional kepada siswa. Menurut Umi hal ini sangat perlu dilakukan. Jika ada siswa yang berbuat kesalahan, Umi memperingatinya dengan memberikan hukuman yang edukatif kepada siswa tersebut. Sebagai contoh siswa yang terlambat diberi hukuman dengan membacakan surat maupun ayat.
Umi mengaku tidak ingin memberikan hukuman dengan cara mengusir siswa, karena hal ini akan berdampak buruk. Bahkan, Umi lebih suka menyuruh siswa berdiri di depan kelas selama jam pelajaran ketimbang mengusirnya. Hal ini juga dilakukan Umi, agar pelajaran yang disampaikan juga ikut disimak oleh siswa tersebut.
Soal marah-marah. Umi terbilang jarang melakukanya. “Kalau tidak terlalu penting, jangan marah karena marah adalah mubazir”, jawab Umi. Bahkan Umi juga menekankan kepada siswa siapa saja yang membuat Umi jadi marah, mereka harus segera ke kantin dan mengganti sarapan Umi sebelumnya. Nah, jadi takut bikin Umi marah kan. Takut ganti makan maksudnya.
Memberikan contoh kepada siswa adalah hal terpenting yang harus dilakukan guru. “Disiplin, serta bahasa yang digunakan kepada siswa adalah yang menyentuh mereka”, terang Umi lagi. Jika guru memberikan contoh kepada siswa akan memotivasi siswa untuk berbuat lebih baik.
Di hari guru ini Umi berharap semoga generasi muda semakin hari semakin baik. Yang jelek harus ditinggalkan karena yang berlalu biarlah berlalu. Mari kita melangkah kedepan. Mudah-mudahan makin banyak generasi unggul yang diciptakan oleh guru.
Oh iya, Umi juga punya pesan buat kita semua nih. ” Patuhi semua peraturan, insya Allah kita akan selamat. Baik itu peraturan di sekolah maupun  peraturan di Rumah. Kalau harus datang tepat waktu ya datang tepat waktu.” Umi juga menyampaikan bahwa masa depan milik kita, tergantung dari diri pelajar tersebut untuk meraih masa depan tersebut. P’mails juga ngucapin selamat hari Guru nih buat Umi serta guru-guru yang lainnya. Semoga sukses dalam menjalankan tugasnya.

Tentang frestialdi

TercipTa dengan nama Fresti Aldi. Bukan nama minuman. Hanya saja mempunyai sedikit kemiripin. Entah siapa yang awalnya yang miliki nama tersebut. Yang jelas sampai sekarang enjoy aja dengan nama tersebut. Bahkan, nama tersebut juga memudahkan orang-orang untuk ingat dengan seorang Fresti Aldi. Selalu ingin menjadi yang terbaik buat orang lain. Selalu berpenempilan ceria walaupun dalam diri ada suatu masalah. Masalah itu akan akan besar kalau kita membesarkan masalah tersebut. Jangan pernah berharap sesuatu terjadi kalau kita tidak melakukan sesuatu, itulah prinsip hidup. Selalu tersenyum. Smile for All. With smile we can to be a good people. Don't worry. I can give my smile for you, for you and for you. Terakhir, selalu menggangap orang lain sama dengan kita. Jangan merasa hebat, tapi jangan juga merasa bodoh. Hargailah sebuah kelemahan. bye..
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s