bom atom di gunung krakatau

Sekarang media lagi heboh memberitakan aktifnya Gunung Anak Krakatau. Soalnya gunung ini punya sejarah letusan maha hebat yang bikin dunia mengalami penurunan suhu hingga 1-2 derajat celcius di masa lalu. Gunung yang terletak di Selat Sunda ini memang termasuk gunung paling bersejarah. Gunung berapi ini merupakan jenis dari kaldera vulkanik dan tersusun dari bebatuan andesitik.
Dari teks Jawa kuno yang berjudul Pustaka Raja Parwa, tercatat gunung Krakatau Purba pernah meletus sekitar tahun 416 Masehi. Awalnya, pulau Rakata merupakan sisa dari letusan gunung Krakatau Purba. Namun, karena dorongan vulkanik dari perut bumi terjadilah Gunung Rakata. Setelah itu, barulah muncul Gunung Danan dan Gunung Perbuwatan dari tengah kawah. Persatuan ketiga gunung inilah yang disebut Gunung Krakatau.
Gunung ini pernah meletus pada 27 Agustus 1883. Suara ledakannya begitu keras hingga terdengar 4600 km dari pusat letusan. Suara letusannya terdengar oleh seperdelapan penduduk bumi saat itu.

Letusan tersebut juga menimbulkan tsunami yang menewaskan 36.000 jiwa. Daya ledak yang dihasilkan mencapai 30.000 kali bom atom Hiroshima dan Nagasaki pada perang dunia II. Letusannya juga menyebabkan perubahan iklim secara global. Bahkan, dunia sempat gelap selama dua setengah hari debu vulkanis yang menutupi atmosfer.

Sekitar tahun 1927 muncullah gunung api baru yang dikenal sebagai Anak Gunung Krakatau. Anak Gunung Krakatau ini masih aktif dan tetap bertambah tingginya dengan kecepatan 20 inchi perbulan. Diperkirakan Anak Gunung Krakatau akan meletus sekitar tahun 2015-2083. Namun, karena pengaruh gempa yang sering melanda Indonesia,ada yang memperkirakan gunung ini bisa meletus lebih awal. Namun salah seorang profesor membantahnya, menurutnya Anak Gunung Krakatau akan meletus sekitar tiga abad lagi.

Tentang frestialdi

TercipTa dengan nama Fresti Aldi. Bukan nama minuman. Hanya saja mempunyai sedikit kemiripin. Entah siapa yang awalnya yang miliki nama tersebut. Yang jelas sampai sekarang enjoy aja dengan nama tersebut. Bahkan, nama tersebut juga memudahkan orang-orang untuk ingat dengan seorang Fresti Aldi. Selalu ingin menjadi yang terbaik buat orang lain. Selalu berpenempilan ceria walaupun dalam diri ada suatu masalah. Masalah itu akan akan besar kalau kita membesarkan masalah tersebut. Jangan pernah berharap sesuatu terjadi kalau kita tidak melakukan sesuatu, itulah prinsip hidup. Selalu tersenyum. Smile for All. With smile we can to be a good people. Don't worry. I can give my smile for you, for you and for you. Terakhir, selalu menggangap orang lain sama dengan kita. Jangan merasa hebat, tapi jangan juga merasa bodoh. Hargailah sebuah kelemahan. bye..
Pos ini dipublikasikan di Catatan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke bom atom di gunung krakatau

  1. Ari berkata:

    Ayo dukung Gunung Krakatau, Pulau Komodo dan Danau Toba sbg Tujuh Keajaiban Dunia versi New Seven Wonders of Nature. Voting di http://www.new7wonders.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s