Ahmad Syafi’I

Ahmad Syafi’I Ma’arif

“Ciptakan kehidupan beragama yang moderat, inklusif dan plural

Buya Syafii Maarif

Buya Syafii Maarif

Ahmad Syafi’I Ma’arif, lahir di Sumpurkudus 31 Mei 1935. Dari kecil beliau memang sudah dekat dengan kegidupan islam yang kental. Bahkan Ma’arif juga bersekolah di Ibtidaiyah kemudian melanjutkan ke Madrasah Muallim Lintau.

Kemudian, Ma’arif melanjutkan pendidikkan menengahnya di Mualimin Muhammadiyah Yogyakarta dan juga melanjutkan kuliahnya di Universitas Cokroaminoto, Solo di Fakultas Hukum dan juga melanjutkan di IKIP Yogyakarta.

Tidak sampai disana, Ma’arif juga melanjutkan pendidikkannya di Universitas Ohio, AS dengan mengikuti program master Departemen Sejarah. Sedangkan gelar doktornya diperoleh dari Program Studi Bahasa dan Peradaban Timur Dekat, Universitas Chicago , AS.

Selama di Chicago inilah Ma’arif sering terlibat secara intensif melakukan pengkajian terhadap Al-Quran, dibimbing oleh seorang tokoh pembaharu pemikiran Islam, Fazrul Rahman. Disamping itu ia juga kerap mengadakan diskusi intensif dengan Nurcholish Madjid dan Amien Rais yang sedang mengikuti pendidikan doktornya.

Ma’arif adalah sosok orang yang mempunyai komitmen yang kuat. Ia tak segan-segan memberikan kritikan kepada siapa saja yang dianggapnya keliru. Ia mempunyai sikap yang tegas dan mempunyai sifat kebangsaan dan keislaman yang kuat.

Ma’arif yang akrab disapa Buya ini juga pernah menjadi dosen pasca sarjana di Universitas IAIN Yogyakarta. Buya Ma’arif juga pernah menjadi ketua PP Muhamadiyah periode 1999-2004. Juga pernah aktif di GPII dan pemuda Muhamadiyah menggantikan Amien Rais. Ia juga rajin menulis, disamping juga aktif menjadi pembicara dalam beberapa seminar. I juga menuangkan ide-idenya dalam bentuk buku.

Buya Marrif mempunyai pandangan tersendiri tentang indonesia. Menurutnya Indonesia harus mengintensifkan dengan Masyarakat Eropa seperti Belanda dan Jerman. Alasannya negara-negara tersebut banyak membantu Indonesia. Selain itu Buya juga menilai bahwa mereka akan menjadi kompetitor bagi Amerika Serikat dan itulah asas yang paling penting bagi politik luar negeri Indonesia.

Anak Bungsu dari empat bersaudara ini baru-baru ini juga meraih pengahargaan Magsaysay Award 2008 dengan kategori perdamaian dan pemahaman Internasional, tepatnya Agustus lalu.

Ia dinilai punya komitmen dan kesungguhan tinggi dalam membimbing umat Islam di Indonesia dan dunia untuk meyakini dan menerima pluralisme sebagai basis yang menciptakan kehidupan yang harmonis dan berkeadilan.

Menurut Buya Ma’arif sendiri penghargaan tersebut terlalu besar untuknya sebab banyak pihak lintas-agama, kultur dan etnik yang membantunya mengembangkan sikap pluralisme dan toleransi. Ia juga berkeyakinan kalau sikpanya tersebut didukung penuh sebagian umat islam di Indonesia.

Ia juga berpendapat kalau sikap radikal yang menonjol adalah suatu hal yang wajar terutama dalam beradu argumen dan wacana. Namun Buya menganggap kalau sikap itu terlalu biadab dan berlebihan jika sudah melakukan kekerasan fisik.

Buya Maarif juga menggantungkan harapan kepada kaum muda untuk mengembangkan kehidupan beragama yang moderat, inklusif dan plural. (Fresti Aldi)

Tentang frestialdi

TercipTa dengan nama Fresti Aldi. Bukan nama minuman. Hanya saja mempunyai sedikit kemiripin. Entah siapa yang awalnya yang miliki nama tersebut. Yang jelas sampai sekarang enjoy aja dengan nama tersebut. Bahkan, nama tersebut juga memudahkan orang-orang untuk ingat dengan seorang Fresti Aldi. Selalu ingin menjadi yang terbaik buat orang lain. Selalu berpenempilan ceria walaupun dalam diri ada suatu masalah. Masalah itu akan akan besar kalau kita membesarkan masalah tersebut. Jangan pernah berharap sesuatu terjadi kalau kita tidak melakukan sesuatu, itulah prinsip hidup. Selalu tersenyum. Smile for All. With smile we can to be a good people. Don't worry. I can give my smile for you, for you and for you. Terakhir, selalu menggangap orang lain sama dengan kita. Jangan merasa hebat, tapi jangan juga merasa bodoh. Hargailah sebuah kelemahan. bye..
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s