Meletakkan Kekuatan Pada Lirik Lagu

Meletakkan Kekuatan Pada Lirik Lagu

Sebuah lagu yang baik juga teletak dari liriknya. Bagaimana para penciptannya bisa menyusun kata demi kata sehingga membentuk sebuah lagu yang apik. Berbagai lirik terbukti bisa membuat lagu tersebut melejit. Terkadang para penciptanya meletakkan kekuatan pada lirik lagunya. Seperti apakah?

Slank, grup band yang bisa dibilang senior tetap mengedepankan romantisnya lagu mereka meskipun tema lagu mereka banyak yang mengangkat masalah sosial seperti lapindo. Namun, pada lagu Seperti Para Koruptor mereka masih mempertahankan sisi romatisnya.

“Yang ku butuhkan hanyalah kasih sayangmu, seisi hatimu, sesungguhnya ku falling in love” masih terkesan romantis, meskipun lagu mereka ditujukan langsung pada para koruptor. Namun, mereka bisa menyisipkan kalimat romantis tersebut.

Sama halnya denga Kangen Band. Meskipun sebahagian pihak mengangap lagu mereka terlalu cengeng. Terlalu mendayu-dayu bahkan keluar dari kenyataan yang ada. Dodhi Kangen Band tetap mempertahankan lirik lagunya. Begitu juga ketika lagu Camelia mereka dibawakan oleh Irwansyah atau lagu Brownies yang dinyanyikan Tika dan Tiwi T2 masih tetap terkesan cengeng ketika mereka minta dicintai oleh bronisnya.

Disetiap lantunan baitnya Kangen Band selalu menyelipkan kata-kata bintang untuk melukiskan keromantisan mereka. Lihat saja lagu Tentang Bintang pada album pertama mereka. Hampir setiap baitnya ada kata bintang, sesuai dengan judul lagunya tentang bintang.

Begitu juga dengan album kedua mereka ini. Lagi-lagi mereka mengekspos kata-kata bintang seperti lagu Bintang 14 Hari. Atau di lagu kembali pulang “Bintang terlihat terang saat dirimu datang” Juga di Lagu DOI “Sejuk sepi senang dan tanyakan bintang hanyalah kau lah yang kusayang…Coba kau pikirkan coba kau renungkan tanya bintang-bintang hanyalah kau yang kusayang”

Dewiq, sang pencipta lagu yang dijuluki The Hits Maker lebih mengedepankan keterbukaannya seperti lagunya BT Dewiq jujur terbuka bilang kalau dia bosan dengan pasanganya. Atau lagu Koq Gitu Siyh yang mengandeng Indra Bekti. Dewiq lagi-lagi jujur kenapa pasangannya begitu dengan dirinya.

Namun meskipun terkesan terbuka Dewiq bercerita kalau lagu-lagu yang dia hasilkan berasal dari cerita teman-temannya. Curhat teman-temannya dijadikan kekuatan oleh Dewiq untuk menciptakan lagunya.

Lantas bagaimana dengan lagu I just wanna say I luv u miliknya Melly. Penyanyi sekaligus pencipta lagu ini lebih banyak menciptakan lagu dengan pola pikirannya sendiri. Walaupun hanya ada satu kalimat dalam lagu yang juga Soundtrack film Chika itu masih tetap digemari sejumlah kalangan.

Melly lebih banyak bermain dengan improvisasinya dan permainan musiknya. Begitulah Melly, menciptakan lagunya padat dan cepat tersampaikan. Mengenai lagu singkatnya tersebut Melly mengaku tak akan bisa membuat lagu yan seperti itu lagi. Kebanyakkan lagu wanita yang juga personil Potret ini memang padat dan jelas maksudnya. Melly juga sering mengkombinasikan lirik lagunya dalam dua versi bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa ingris. Namun, lagi-lagi masih tetap bisa dinikmati dan dimengerti.

Sebaliknya, Projec Pop memainkan kejenakaannya dalam membuat lagu. Lagu-lagu yang mereka ciptakan kebanyakan bercerita tentang kejenakaannya. Seakan tak ada beban dalam menciptakan lagu mereka. Tapi meskipun jenaka, Yossi Project Pop mengaku kalau lagu mereka tidak hanya jenaka, namun juga kaya makna.

Lihat saja lagu Dangdut The MusicOf My Country, Project Pop ingin menjelaskan kalau Dangdut adalah lagu lagu negara kita. Begitu juga dengan Bukan Superstars, mereka inngin menjelaskan kalau menjadi diri sendiri itu lebih penting meskipun kita memang mengagumi superstars kita.

Tapi hati-hati juga dengan lirik lagu yang diciptakan. Kalau juga tidak hati-hati juga bisa jadi masalah. Hal inilah yang dialami Wali. Lagu Emang Dasar disensor oleh penggemarnya lantaran ada kata-kata yang tidak mendidik dalam liriknya. Setidaknya, Wali masih bisa tersenyum karena itu merupakan peringatan bagi grup band mereka, terutama bagi Apoy. Apoy mengaku masih bersyukur masih diperingati oleh penggemarnya.

Memang selain musik dan aransemen yang baik, lirik yang baik juga akan mendukung lirik lagu yang baik. Setidaknya para pencipta lagu juga lebih kreatif lagi dalam menciptakan lirik lagunya jangan asal cipta saja. Bagi masyarakat juga lebih selektif dalam memilih lagu yang baik (Fresti Aldi)

Tentang frestialdi

TercipTa dengan nama Fresti Aldi. Bukan nama minuman. Hanya saja mempunyai sedikit kemiripin. Entah siapa yang awalnya yang miliki nama tersebut. Yang jelas sampai sekarang enjoy aja dengan nama tersebut. Bahkan, nama tersebut juga memudahkan orang-orang untuk ingat dengan seorang Fresti Aldi. Selalu ingin menjadi yang terbaik buat orang lain. Selalu berpenempilan ceria walaupun dalam diri ada suatu masalah. Masalah itu akan akan besar kalau kita membesarkan masalah tersebut. Jangan pernah berharap sesuatu terjadi kalau kita tidak melakukan sesuatu, itulah prinsip hidup. Selalu tersenyum. Smile for All. With smile we can to be a good people. Don't worry. I can give my smile for you, for you and for you. Terakhir, selalu menggangap orang lain sama dengan kita. Jangan merasa hebat, tapi jangan juga merasa bodoh. Hargailah sebuah kelemahan. bye..
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

2 Balasan ke Meletakkan Kekuatan Pada Lirik Lagu

  1. Gugi berkata:

    thanks buat sarannya…..
    sekarang saya akan coba buat lagu yang liriknya kuat…..

    sekali lagi makasih ya…..

  2. donny berkata:

    oh bisa g buatn gw kata kata buat lagu yg tntang keindahan alam
    …tar gw yg bikin liriknya?o.k just friend

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s