Mutiara dari “Lembah Sunyi”

Ridha Utami, siswa yang SLB Wacana Asih

Ridha Utami, siswa yang SLB Wacana Asih

Duta sekolah kali ini cukup berbeda. Pada duta sekolah biasanya kita mengangkat tentang siswa yang bersekolah di sekolah Umum. Namun, kali ini P’mails mendapat kesempatan mewancari Duta sekolah dari Pendidikan Luar Biasa (PLB) Yayasan Wacana Asih. Walaupun menempuh pendidikan di Pendidikan Luar Biasa, jangan kira prestasinya biasa-biasa saja.

Ridha Utami, begitu nama duta sekolah untuk minggu ini. Awal berkenalan, Gadis ini malu-malu untuk diajak wawancara. Begitulah sosok Ridha, begitu panggilan akbrabnya. Ia sempat menolak untuk diwawancarai. Namun, setelah sedikit bujukan dari gurunya, Akhirnya Ridha mau juga untuk diwawancarai.

Awal perkenalan dengan Ridah, suasana memang cukup tegang. Untuk menyampaikan maksud pertanyaan, Pmails dibantu oleh seorang guru yang menggunakan bahasa isyarat, sebab Ridha adalah siswa Pendidikan luar biasa yang menderita tuna rungu. Ridha susah berbicara dan mendengar.

Walaupun memiliki keterbatasan, ternyata gadis yang sekarang menempuh pendidikan setingkat kelas 2 SMP ini cukup berbakat. Ia termasuk dalam siswa yang cepat dalam menerima pelajaran. Baik pelajaran akademis maupun pelajaran keterampilan sekali pun. Untuk urusan akademis, jangan salah Ridha mampu berbahasa Inggris walaupun hanya menuliskannya pada pada buku.

Sementara itu di bidang keterampilan ia juga tak kalah ketinggalan. Ia mampu membuat jahitan, menyulam dan sebagainya dengan serapi mungkin. Ia memang rajin mengerjakan kegiatan-kegiatan tersebut dan keterampilan tersebut juga menjadi satu bagian dari pelajaran yang diterimanya di PLB Yayasan Wacana Asih.

Satu jempol rasanya tak cukup diberikan kepada Ridha. Selain bisa berbahasa inggris dan jago menjahit dan menyulam, prestasi-prestasi lain tak pernah absent pada dirinya, Prestasi-prestasi tersebut juga yang membuat dirinya lebih disbanding teman-teman lainnya.

Gadis yang menyukai bermain bulu tangkis ini pernah menjuarai lomba menari tingkat Sumatra Barat dengan predikat juara 1. Lomba Rebana tingkat Sumatra Barat meraih juara 2. Tidak itu saja, Juara 1 lomba Lari, juara 1 Lomba lempar lembing, Juara satu lomba Tarik Tambang, Juara 2 Lomba tarik tambang dan sejumlah prestasi lainnya.

Saat ini gadis yang bercita-cita menjadi dokter ini tengah menduduki kelas 2 SMP. Sebelumnya. Di Wacana Asih ia baru dua tahun. Sebelumnya ia mendapat pendididikan di YPPAC. Namun, walaupun begitu guru-guru di Wacana Asih salut dengan kemampuan yang dimiliki.

Sayangnya, Ridha terkadang sering malu dan tidak percaya diri. Itulah kelemahannya. Guru dan teman-temannnya yang selalu memberi motivasi kepadannya, kalau seandainya ia mampu. Padahal, jika ia lebih konsentrasi, guru dan teman-temannya bahkan orang disekitar pasti akan salut pada kemampuannya.

Di masa depan, Terbesit cita-cita di benak Ridha. Ia ingin sekali untuk menjadi dokter. Namun, dengan keterbatasan yang dimiliki nya, ia seringkali merasa pesimis. Tapi melihat bakat dan kemampuan yang dimilikinya, rasanya itu tidak mustahil. Tinggal kepercayaan diri Ridha yang perlu diebentuk dan dipupuk lagi. Salut untuk Ridha dan teruskan perjuangan mu. Semoga apa yang kamu citakan tercapai. Amin. (Fresti Aldi)

Biodata

Nama

Ridha Utami

Tempat Tanggal Lahir

Padang 16 September 1991

Sekolah

PLB Yayasan Wacana Kaih

Kelas 2 SMP

Hobbi

Main Bulutangkis

Cita-cita

Dokter

Hp

081374782997

Alamat

Gurun Laweh no 19

Prestasi

Juara II Lomba Rebana Se Sumbar

Juara 1 Lomba Menari Se Sumbar

Juara 1 Lomba Lari

Juara 1 Lomba Tarik Tambang se Kota Padang

Juara 2 Lomba Bulutangkis

Tentang frestialdi

TercipTa dengan nama Fresti Aldi. Bukan nama minuman. Hanya saja mempunyai sedikit kemiripin. Entah siapa yang awalnya yang miliki nama tersebut. Yang jelas sampai sekarang enjoy aja dengan nama tersebut. Bahkan, nama tersebut juga memudahkan orang-orang untuk ingat dengan seorang Fresti Aldi. Selalu ingin menjadi yang terbaik buat orang lain. Selalu berpenempilan ceria walaupun dalam diri ada suatu masalah. Masalah itu akan akan besar kalau kita membesarkan masalah tersebut. Jangan pernah berharap sesuatu terjadi kalau kita tidak melakukan sesuatu, itulah prinsip hidup. Selalu tersenyum. Smile for All. With smile we can to be a good people. Don't worry. I can give my smile for you, for you and for you. Terakhir, selalu menggangap orang lain sama dengan kita. Jangan merasa hebat, tapi jangan juga merasa bodoh. Hargailah sebuah kelemahan. bye..
Pos ini dipublikasikan di Catatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s