SEMINAR DAERAH “Aplikasi Teknologi Informasi dalam Metode Ajar untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan” BAGI GURU SMP / SMA SEDERAJAT SE-SUMATRA BARAT

LATAR BELAKANG

Perkembangan teknologi informasi berjalan sangat pesat beberapa dekade terakhir dan memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan kehidupan manusia, terutama dalam dunia pendidikan dan pengajaran. Hal ini dikarenakan, teknologi informasi banyak menawarkan kemudahan dan fasilitas yang baru yang banyak membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam dunia pendidikan.

Perguruan tinggi sebagai bagian dari dunia pendidikan juga mengalami perubahan yang signifikan pada metode ajar. Dengan media teknologi informasi memungkinkan mahasiswa dapat menerima bahan  kuliah menggunakan slide serta cara presentasi melalui media komputer. Faktanya cara ini cukup berhasil meningkatkan kualitas perkuliahan di perguruan tinggi

Namun, kenyataan tersebut justru bertolak belakang dengan apa yang terjadi pada sekolah menengah baik di-SMA maupun di-SMP. Di sekolah-sekolah menengah, guru-guru sebagai tenaga pengajarnya masih menawarkan metode ajar dengan cara teks book dan pemaparan lewat papan tulis saja. Cara ini kadangkala mebuat jam pelajaran yang rata-rata 45 menit hanya terpakai untuk membuat kerangka yang akan diterangkan oleh guru. Kalau pun guru hanya membuat inti dari pelajaran yang dijelaskan, kadangkala siswa sering merasa jenuh dengan tulisan guru yang tak sempurna jika dilihat dari bangku paling belakang sehingga cara ini dapat dikatakan kurang efektif untuk memberikan pemahaman kepada siswa terhadap materi–materi pelajaran yang diberikan.

Jika di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas para tenaga pengajarnya  menerapkan sistem pengajaran yang diberlakukan seperti  di perguruan tinggi, dapat saja kualitas pengajaran di sekolah menengah tersebut dipacu lebih baik lagi. Apalagi, kebanyakkan siswa saat ini telah mengerti dan menguasai penggunaan  teknologi informasi. Hal ini tentu saja berdampak baik terhadap minat belajar siswa, sebab siswa zaman sekarang banyak menyukai teknologi informasi. Jika mereka disuruh presentasi dengan slide, berdiskusi melalui blog dan menyuruh mereka membuka situs-situs pendidikan tentu saja akan membuat mereka lebih tertarik pada materi pelajaran.

Cara ini dapat saja dilakukan. Namun yang menjadi permasalahannya adalah karena rata-rata guru di sekolah menengah kurang mahir atau tidak mempunyai pengetahuan yang cukup dalam hal memanfaatkan teknologi informasi, baik hanya sekedar memberikan penjelasan dengan motede slide, serta mengelola diskusi di internet atau blog yang nantinya dikelola oleh masing-masing guru. Sebenarnya cara ini cukup sederhana untuk dilakukan jika, guru-guru di sekolah menengah diberikan pengetahuan yang cukup mengenai hal itu. Jika seandainya ada beberapa orang saja guru yang mahir atau memulai program ini, tentu saja akan membuat guru-guru yang  lainnya di sekolah itu termotivasi untuk melakukan hal yang sama.

Seminar teknologi informasi untuk guru sekolah menengah ini merupakan salah satu cara untuk memberikan pengetahuan kepada guru tentang bagaimana cara mengelola media teknologi informasi untuk  mengemas bahan atau materi pelajaran semenarik mungkin, serta menemukan metode ajar baru untuk mengemas pelajaran menjadi sebuah tantangan yang menyenangkan bagi siswa sehingga mereka dapat memahami materi pelajaran yang disampaikan dengan baik.

Pada seminar ini, guru tidak hanya sebatas diberikan pemahaman untuk menampilkan presentasi dengan metode slide tapi juga bagimana membuat blog untuk memacu minat belajar siswa terkait mata pelajaran serta menciptakan diskusi yang alot di kelas karena, diskusi  dinilai dapat menciptakan kemampuan khusus siswa dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Cara ini tentunya efektif sebagai parameter tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dengan keaktifan diskusi yang dimunculkan.

Seminar ini diharapkan menjadi titik tolak bagi guru untuk membuat suasana belajar menjadi lebih nyaman dan terkontrol. Selain melalui pelajaran yang disajikan dikelas, guru juga dapat menjadikan tugas rumah dengan cara menyuruh siswa berdiskusi di media online yang dikelola guru tersebut. Apalagi kebanyakkan siswa sekolah menengahh saat ini sudah tidak asing lagi dengan yang namannya internet.Hal ini tentu saja membuat metode ini akan dapat menemukan titik keberhasilan yang lebih tinggi khususnya dalam memberikan pemahaman kepada siswa terhadap materi yang diajarkan dan mencerdaskan kehidupan bangsa pada umumnya.

Maksud dan Tujuan

  1. A. Maksud

Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud memberikan pemahaman metode ajar berlandaskan teknologi informasi terhadap perkembangan pendidikan, serta mempercepat aplikasi metode tersebut di sekolah-sekolah menengah dalam lingkup Sumatera Barat.

  1. B. Tujuan

Tujuan dari kegiatan ini adalah tercapainya percepatan aplikasi teknologi informasi dalam proses belajar mengajar di sekolah-sekolah menengah di Sumatera Barat, serta terbekalinya pendidik dengan kemampuan yang cukup untuk menerapkan metode ini.

Nama Kegiatan

Kegiatan ini adalah Seminar Daerah “Aplikasi Teknologi Informasi dalam Metode Ajar untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan” bagi guru SMP/SMA sederajat se-Sumatera Barat.

Bentuk Kegiatan

Kegiatan berbentuk seminar. Peserta dibekali metode-metode ajar oleh pemateri dalam beberapa tahap penjelasan, kemudian diselingi diskusi untuk lebih memantapkan pemahaman.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan ini dilaksanakan pada:

Hari/ tanggal                                      : Sabtu/ 13 Maret 2010

Tempat                                                                : Aula STMIK Indonesia, Jln. Khatib Sulaiman, Padang

Pukul                                                     : 08.00 WIB – 17.00 WIB

Pendaftaran Peserta :

Pendaftaran dilakukan melalui prosedur yang ditetapkan oleh panitia. Alur  pendaftaran dilampirkan bersama undangan yang dikirim ke sekolah masing-masing. Informasi dan secretariat panitia pada:

Tanggal                                                 : 20 Februari – 10 Maret 2010

Tempat                                                : STMIK Indonesia, Jln. Khatib Sulaiman, Padang

Pukul                                                     : 09.00-16.00 WIB

Contact Person                                 : Dedet Pratama Dinata                 (0751 9862371)

Fresti Aldi                          (085263407567)

Email                                                     : educativeeo@gmail.com

Informasi                                             : http://www.educativeeo.blogspot.com


Sasaran Peserta

Peserta adalah guru-guru SMP/SMA sederajat se-Sumatera Barat serta kalangan pendidik yang ikut berpartisipasi dengan jumlah sebanyak 200 orang.

Pelaksana Kegiatan

Kegiatan Seminar Teknologi Informasi Guru ini diadakan oleh Majelis Studi Islam dan Kemahasiswaan (MSIK) dan Educative Event Organizer (EEO) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Sumatera Barat dan STMIK Indonesia.

Informasi lebih lanjut:

http//educativeeo.blogspot.com

Tentang frestialdi

TercipTa dengan nama Fresti Aldi. Bukan nama minuman. Hanya saja mempunyai sedikit kemiripin. Entah siapa yang awalnya yang miliki nama tersebut. Yang jelas sampai sekarang enjoy aja dengan nama tersebut. Bahkan, nama tersebut juga memudahkan orang-orang untuk ingat dengan seorang Fresti Aldi. Selalu ingin menjadi yang terbaik buat orang lain. Selalu berpenempilan ceria walaupun dalam diri ada suatu masalah. Masalah itu akan akan besar kalau kita membesarkan masalah tersebut. Jangan pernah berharap sesuatu terjadi kalau kita tidak melakukan sesuatu, itulah prinsip hidup. Selalu tersenyum. Smile for All. With smile we can to be a good people. Don't worry. I can give my smile for you, for you and for you. Terakhir, selalu menggangap orang lain sama dengan kita. Jangan merasa hebat, tapi jangan juga merasa bodoh. Hargailah sebuah kelemahan. bye..
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s