Petugas Perang Bawah Air yang Bersejarah


 

Kapal selam, dari namanya saja sudah jelas kalau kapal ini berfungsi di dalam air dengan cara menyelam. Sebentar-sebentar kapal ini menyelam, sebentar-sebentar menyembul di permukaan air. Umumnya, kapal selam sering digunakan untuk kepentingan militer. Tapi tidak jarang juga kapal selam juga digunakan untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan. Nah, bagaimana sejarah kapal selam dari waktu ke waktu ya?

Peninggalan Sejarah

Ternyata, kapal selam juga punya sejarah yang panjang. Kapal selam sudah mulai ditemukan pada abad pertengahan. Kala itu, para investor dan ilmuan di Eropa sudah memikirkan cara untuk membuat kapal yang bisa menyelam dan timbul lagi di permukaan dengan daya sendiri.Waktu itu, pembuatan kapal selam ini selain untuk kepentingan kemiliteran, juga didasari oleh keinginan untuk meneliti kehidupan di dasar laut.

 

Menurut ceritanya, seorang penemu dari Nuremberg di Jerman bernama Keyser tahun 1465 dilaporkan sudah merancang sebuah perahu yang dapat menyelam dalam air. Namun, meskipun Keyser sudah merancang kapal yang yang dapat meyelam, seorang berkebangsaan Inggris tahun 1578, membuat konsep kapal selam. William Bourne tidak hanya membuat kapal yang bisa menyelam, tetap ia lebih rinci membuat dengan menambhakan. William melengkapi dengan dengan tangki-tangki (ballast) yang dapat di isi air dan di kosongkan lagi untuk mengapung. Namun rancangan ini tidak mewujudkan secara nyata, melainkan hanya di tuangkan dalam buku Inventions of Devices. Padahal sistem tanki balas tersebulah yang di kemudian hari menjadi suatu kunci terpenting pada kapal selam.

 

Lantas 50 tahun berikutnya, Cornelius Drabble, seorang investor berkebangsaan belanda memberanikan diri membuat kapal selam. Kapal selam buatan Cornelius itu baru didemokan di Sungai Themes di London pada tahun 1620. Ia merupakan perintis pemakaian schnorkel, alat kapal selam modern yang di temukan juga oleh orang Belanda tiga abad kemudian.

 

Selanjutnya, kapal selam mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Pada awalnya, kapal selam hanya masih sederhana. Pada awalnya hanya digerakkan oleh diesel, namun sekarang sudah ada yang memakai tenaga nuklir. Untuk memantap keadaan di sekitar kapal selam kini pun tidak hanya dilengkapi dengan periskop, tetapi juga ada yang memakai sonar (sound navogation and ranging) atau pemantauan melaui gelombang suara. Bahkan yang lebih canggihnya, saat menyelam pun kapal selam mampu melihat keadaan di permukaan laut. Itu merupakan perkembangan yang dilakukan para ilmuan dari waktu ke waktu untuk merancang kapal selam yang semakin modern.

Dilengkapi dengan Senjata

Dahulu, kapal selam digunakan untuk kepentingan militer. Dalam penggunaannya pun, terkadang kapal selam juga digunakan untuk menenggelamkan kapal musuh. Pada 1776 oleh seorang pejuang kemerdekaan Amerika, David Bushnel. Lawannya adalah AL Kerjaan Inggris yang paling kuat di dunia. Tatkala Revolusi Amerika dimulai pada tahun itu, Inggris pun dengan kekuatan lautnya memblokade Amerika. Untuk menebus dan melawan blokade itulah Bushnell membuat kapal selam yang dinamainya Turtle.

 

Kapal selam kecil ini direncanakan untuk menyerang musuh dengan mendekatinya dari dalam air, lalu melekatkan peledak pada tubuh kapal lawan. Dengan memicu pemicu  ledak setelah 30 menit bom itu dilekatkan, diharapkan kapal selam kecil itu sudah menghindar cukup jauh apabila musuh mengejarnya.

 

Lantas dengan perkembangannya, kapal selam tidak hanya digunakan untuk menenggalamkan kapal musuh dan melekatkan bom. Tapi kapal selam telah berani untuk menyerang musuhnya. Sersan Ezra Lee, orang pertama kali yang melakukan penyerangan dengan kapal selam. Namun, penyerangan pertama itu gagal karena diketahui oleh musuh. Ezra pun melepaskan peledaknya dan bom itu meletus di depan para pengejarnya sehingga Ezra berhasil Lolos.

 

Sekarang, kapal selam sudah banyak yang dilengkapi dengan senjata topedo dan rudal balastik. Keduanya bisa dilepas dilepas dari dalam laut. Bahkan rudal jarak jauh pun bisa digunakan dari kapal selamnya. Saking canggihnya, banyak negara yang tak ketinggalan membuat kapal selam dengan teknologi begini. Sebut saja, Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Jermann, Perancis, Swedia, China dan sebagainya. Maka, tak heran kalau banyak kapal selam yang berlalu lalang di bawah permukaan laut tanpa kita sadari. Bahkan menjadi tugas dari kemiliteran dari masing-masing negara.

 

Contoh saja kapal selam ohio (baca ohayo) dari Amerika Serikat. Kapal selam ini sudah terbilang tua karena sudah ada sejak tahun 1970. Tapi meskipun sudah tua, kapal selam ini tak kalah canggihnya. Sekarang, jajaran militer Amerika Serikat masih menggunakannya. Sedikit Informasi, kapal ini memiliki panjang 170,7 meter, lebar 12,8 meter dan tinggi 11,1 meter. Ketika dipermukaan laut, kapal ohio memiliki bobot 16.764 ton. Sedangkan saat menyelam, bobotnya bertambah menjadi 18.750 ton.

 

Selain Ohio, Jerman juga memilik kapal selam yang sudah melegenda. Namnya U-Boat singkatan dari Unterseeboot, mulai ditugaskan dalam Perang Dunia I sebagai sistem senjata yang mematikan bagi Angkatan Laut lawan terlebih-lebih pada Perang Dunia II. Sehingga terkenal dengan sebutan U-Class. Makanya jangan remehkan kapal selam, meskipun kerjaannya hanya menyelam tapi sangat berguna untuk tugas kemiliteran. (fresti aldi/ rixcomp, wikipedia dan berbagai sumber)

Tentang frestialdi

TercipTa dengan nama Fresti Aldi. Bukan nama minuman. Hanya saja mempunyai sedikit kemiripin. Entah siapa yang awalnya yang miliki nama tersebut. Yang jelas sampai sekarang enjoy aja dengan nama tersebut. Bahkan, nama tersebut juga memudahkan orang-orang untuk ingat dengan seorang Fresti Aldi. Selalu ingin menjadi yang terbaik buat orang lain. Selalu berpenempilan ceria walaupun dalam diri ada suatu masalah. Masalah itu akan akan besar kalau kita membesarkan masalah tersebut. Jangan pernah berharap sesuatu terjadi kalau kita tidak melakukan sesuatu, itulah prinsip hidup. Selalu tersenyum. Smile for All. With smile we can to be a good people. Don't worry. I can give my smile for you, for you and for you. Terakhir, selalu menggangap orang lain sama dengan kita. Jangan merasa hebat, tapi jangan juga merasa bodoh. Hargailah sebuah kelemahan. bye..
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s