Liburan Tak Mesti Mahal

Aktivitas yang padat, terkadang membuat jenuh. Soalnya, yang dikerjakan hanya itu-itu saja. Sekali-kali otak juga butuh refreshing dengan melakukan hal yang berbeda dari biasanya. Liburan boleh jadi sebuah solusi dalam menyelesaikan kejenuhan yang melanda pikiran.

Liburan, pada hakikatnya hanya memberi ruang sejenak untuk melebihkan aktivitas yang semestinya kita kerjakan. Banyak yang tidak memanfaatkan liburan dengan cara yang lebih sederhana, menarik dan unik. Banyak yang terjebak dengan mengisi liburan dengan kegiatan yang terbilang “ribet”. Ada dua golongan mengisi liburan dengan cara yang berbeda.

 

Cara yang pertama mengartikan liburan dengan berhgenti beraktivitas. Dalam artian, mereka memaknai liburan adalah dengan tidur-tiduran, malas-malasan, menonton televisi dan sebagainya. Sedangkan golongan yang kedua memaknai liburan dengan pergi ke tempat-tempat yang indah, tempat-tempat pariwisata dan jalan-jalan kemana saja.

 

Sebenarnya, sah-sah saja memaknai liburan dengan cara apapun. Sebab pada hakikatnya, liburan adalah melakukan aktivitas yang membuat orang menjadi senang. Melakukan aktivitas yang membuat pikiran berhenti sejenak berpikir dari rutinitas yang biasanya dikerjakan. Atau bahkan melakukan kegiatan yang tak biasanya dilakukan.

 

Liburan yang kreatif tak mesti malas-malasan. Tak mesti tidur-tiduran di rumah. Tak mesti juga liburan yang menarik dilakukan dengan jalan-jalan ke suatu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan, salah satunya melakukan aktifitas yang tidak pernah dilakukan.

 

Misalkan, liburan bisa dilakukan dengan memasak resep-resep makanan yang ditemukan di majalah. Banyak bukan, majalah-majalah yang mencoba menawarkan resep makanan baru yang bisa diolah menjadi suatu masakan yang berbeda. Bagi yang hobi memasak, mungkin bisa mencoba ide yang satu ini. Selain, akan mendatangkan nilai ekonomi.

 

Hasil masakan yang sudah jadi bisa saja ditumpangi di kedai-kedai dan menjadi penghasilan tambahan bagi kita-kita mahasiswa. Bagi yang hobi menulis, juga bisa menulis cerpen, puisi, artikel dan sebagainya. Setelah itu bisa dikirimkan ke media cetak. Kendati pun menulis tujuannya bukan untuk ekonomi, tapi paling tidak ada suatu penghargaan yang datang ketika tulisan terbit.

 

Penghargaan itu bisa berbentuk rasa bangga dan sebagainya. Atau juga bisa dilakukan dengan kerja freelance. Banyak lowongan kerja freelance yang membutuhkan tenaga mahasiswa yang sedang libur. Kenapa tak mencoba hal ini. Juga mendatangkan penghasilan dan juga pengalaman. Atau juga bisa magang di perusahaan atau lemabaga yang berhubungan dengan jurusan kuliah yang ditekuni.

 

Liburan itu tak harus mahal. Liburan juga tak mesti menghabiskan banyak uang. Malahan, dengan liburan kita juga bisa menambah penghasilan. Yang paling penting adalah mengenal makna liburan itu sendiri. Bukan berhenti beraktifitas, melainkan mencari aktifitas baru yang belum pernah dicoba. Tidak terlalu sulit bukan? Ada tawaran lain untuk liburan kreatif yang murah dan tidak simpel? Boleh dicoba juga sepertinya.  (frestialdi)

Tentang frestialdi

TercipTa dengan nama Fresti Aldi. Bukan nama minuman. Hanya saja mempunyai sedikit kemiripin. Entah siapa yang awalnya yang miliki nama tersebut. Yang jelas sampai sekarang enjoy aja dengan nama tersebut. Bahkan, nama tersebut juga memudahkan orang-orang untuk ingat dengan seorang Fresti Aldi. Selalu ingin menjadi yang terbaik buat orang lain. Selalu berpenempilan ceria walaupun dalam diri ada suatu masalah. Masalah itu akan akan besar kalau kita membesarkan masalah tersebut. Jangan pernah berharap sesuatu terjadi kalau kita tidak melakukan sesuatu, itulah prinsip hidup. Selalu tersenyum. Smile for All. With smile we can to be a good people. Don't worry. I can give my smile for you, for you and for you. Terakhir, selalu menggangap orang lain sama dengan kita. Jangan merasa hebat, tapi jangan juga merasa bodoh. Hargailah sebuah kelemahan. bye..
Pos ini dipublikasikan di Catatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s