Air Untuk Kehidupan

Dalam kehidupan manusia, air memegang peranan penting. Segala aktifitas manusia memerlukan kesedian air. Sebut saja dari minum, mencuci, mandi dan berbagai kegiatan lainnya. Sayangnya, kesedian air di muka bumi ini tak merata. Ada tempat yang bahkan sulit untuk mendapatkan kesedian air. Harus ada gerakan yang diciptakan untuk mengelola air sehingga pengelolaannya menjadi baik.

Misalkan saja untuk daerah-daerah terpencil, terkadang sulit bagi mereka untuk mendapatkan air bersih. Di daerah pegunungan contohnya. Mereka yang mengharapkan keseian air tanah yang ditampung dan dialirkan melalui pancuran bambu terkadang hanya mendapatkan air pada saat-saat tertentu saja.

Bagi mereka yang mengharapkan air dari pancuran, kesedian air yang mereka punya terkadang hanya didapatkan pada saat musim penghujan saja. Sedangkan jika tak ada hujan, mereka menjadi kekeringan dan mesti kesulitan mencari air.

Jika hujan, air pancuran yang mereka punya akan banyak melimpah. Sisanya mungkin mengalir secara percuma. Terkadang untuk daerah-daerah yang terpencil seperti ini, mereka juga masih mengandalakan kemampuan manual untuk mendapatkan air bersih. Kadang masalah jarak juga dihadapi mereka. Jarak rumah dan air bersih terkadang jauh dan membuat mereka harus memikul air dengan jerigen-jerigen dan ember dengan jarak tempuh yang jauh.

Solusi yang ditawarkan adalah dengan membuat suatu program untuk mengelola air bersih ini. Permasalahannya jelas ketika mereka mempunyai air bersih yang banyak saat musim penghujan, mereka tak punya tempat penampungan sehingga ketika musim penghujan berakhir mereka kesulitan untuk mendapatkan air.

Pemerintah atau organisasi non pemerintah bisa membuatkan tempat penampungan yang bisa memuat air dengan jumlah banyak pada satu tempat saja. Selanjutnya juga dibuat aliran air dengan pipa-pipa ke masing-masing rumah penduduk. Mungkin caranya seperti PDAM yang dialirkan ke rumah-rumah warga yang ada di kota.

Dengan cara yang seperti ini, pemanfaatan air akan lebih baik. Warga desa yang mengandalakan pancuran mungkin tak akan kekeringan lagi dan kerepotan dengan urusan air. Sebab ketika musim kemarau datang, setidaknya mereka punya cadangan air yang disimpan dalam tempat penampungan tersebut.

Setidaknya wacana ini bisa diumanfaatkan oleh beberapa lembaga, entah itu lembaga pemerintah ataupu  non pemerintah. Harapannya tentu saja amaslah krisis air bersih yang menjadi permasalahan akan bisa teratasi dan kita sama-sama bisa mengemat air.

Tentang frestialdi

TercipTa dengan nama Fresti Aldi. Bukan nama minuman. Hanya saja mempunyai sedikit kemiripin. Entah siapa yang awalnya yang miliki nama tersebut. Yang jelas sampai sekarang enjoy aja dengan nama tersebut. Bahkan, nama tersebut juga memudahkan orang-orang untuk ingat dengan seorang Fresti Aldi. Selalu ingin menjadi yang terbaik buat orang lain. Selalu berpenempilan ceria walaupun dalam diri ada suatu masalah. Masalah itu akan akan besar kalau kita membesarkan masalah tersebut. Jangan pernah berharap sesuatu terjadi kalau kita tidak melakukan sesuatu, itulah prinsip hidup. Selalu tersenyum. Smile for All. With smile we can to be a good people. Don't worry. I can give my smile for you, for you and for you. Terakhir, selalu menggangap orang lain sama dengan kita. Jangan merasa hebat, tapi jangan juga merasa bodoh. Hargailah sebuah kelemahan. bye..
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s