Hati-Hati, Ada Tayangan TV Bermasalah

Maraknya tayangan televisi yang menayangkan adegan kekerasan membuat resah masyarakat akhir-akhir ini. Apalagi tayangan tersebut diperuntukkan bagi anak-anak. Setelah beberapa waktu lalu Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) juga mengeluarkan peringatan tentang tayangan televisi yang bermasalah, kini giliran tayangan remaja dan anak-anak yang bermasalah.

Hal ini terungakap dari pemantauan langsung KPI pada periode 14 hingga 29 Juni 2008. Pemantauan tersebut dilakukan terhadap 84 judul tayangan dari 316 episode yang disiarkan oleh sembilan stasiun TV nasional (Indosiar, SCTV, RCTI, Global TV, ANTV, TVRI, TransTV dan Trans7). terhadap 84 judul tayangan dengan klasifikasi 18 judul sinetron, 19 variety show dan 47 tayangan anak-anak.

“Selama periode itu, empat tayangan yang dianggap bermasalah adalah Bleach, Cerita SMA, Detektif Conan dan Naruto,” kata anggota KPI Yazirwan Uyun, dalam jumpa pers di lantai 2 Gedung Badan Pengawas Tenaga Nuklir, Jalan Gajah, Jakarta Pusat, Selasa (19/8/2008).

Menurutnya, keempat tayangan tersebut mengandung unsur kekerasan, diantaranya fisik, psikologi dan sosial. Ditambahkanya, keempat acara tersebut juga tidak melindungi kepentingan anak-anak dan remaja. Acara-acara tersebut juga tidak memiliki pelabelan.

Namun, Peneliti KPI, Nina Armando mengungkapkan bahwa ada enam tayangan televisi yang bermanfaat. Keenam tayangan tersebut adalah Tarian Anak, Bocah Petualang, Laptop si Unyil, Cerita Anak, Dora The Expoler dan Go Diego Go.

KPI tersendiri mempunyai tiga tahapan untuk menindajlanjuti tayangan televisi yang bermasalah tersebut. Pertama teguran I, kedua teguran II dan yang ketiga, KPI akan menghentikan sementara tayangan tersebut. Apabila penghentian tersebut tidak dindahkan, KPI akan melaporkan ke polisi dan menindaklanjuti di persidangan. KPI juga akan mengirimkan surat peringatan kepada stasiun televisi yang bermasalah tersebut dan mengirimkan surat ke Lembaga Sensor Film (LSF) untuk ditindaklanjuti.

Keempat tayangan televisi yang bermasalah tersebut dinggap telah melanggar UU No. 32/2002. Masalah-masalah program tersebut adalah

Film Detektif Conan

Film Detektif Conan

Film animasi “Detective Conan” di Indosiar yang diputar setiap hari Minggu pukul 08.30 menampilkan cerita yang tidak tepat bagi anak, dan hampir pada setiap episode menampilkan secara detil tentang rekonstruksi pembunuhan. Acara ini tidak tepat dikategorikan sebagai film anak, tidak menampilkan klasifikasi acara dan seharusnya dipindah ke jam tayangnya menjadi lebih malam dengan menampilkan klasifikasi R dan BO sekaligus.

Tayangan animasi “Bleach” di Indosiar setiap Minggu pukul 11.00 ini dinilai tidak cocok untuk anak karena menampilkan cerita dunia mistis dan penuh kekerasan yang ditampilkan secara ekspresif. Tayangan ini tidak pantas ditampilkan pada jam tayang pagi hari libur, tidak menampilkan klasifikasi acara. Seharusnya dipindahkan jam tayangnya menjadi lebih malam dengan menampilkan klasifikasi R (Remaja) dan BO (Bimbingan Orang tua) sekaligus.

Sedangkan sinetron “Cerita SMA” di RCTI yang ditayangkan setiap hari pukul 19.00, dinilai melanggar peraturan karena ada adegan yang menampilkan secara close up alat kelamin pemeran anak laki-laki, dan tidak memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan. Tayangan ini banyak menampilkan tokoh pemain anak-anak dalam setting yang tidak pas, banyak menampilkan pelecehan terhadap orang terutama yang bertubuh gemuk dan tidak mencantumkan klasifikasi acara.

Film animasi “Naruto” di Indosiar dan Global TV menampilkan kekerasan secara ekspresif baik bersifat fisik maupun mistis yang terkadang disertai darah. Naruto ini juga tidak tepat dikategorikan sebagai film anak, tidak menampilkan klasifikasi acara dan seharusnya dipindah ke jam tayangnya menjadi lebih malam dengan menampilkan klasifikasi R dan BO sekaligus. (Inilah.com, Kaskus, Okezone)

Tentang frestialdi

TercipTa dengan nama Fresti Aldi. Bukan nama minuman. Hanya saja mempunyai sedikit kemiripin. Entah siapa yang awalnya yang miliki nama tersebut. Yang jelas sampai sekarang enjoy aja dengan nama tersebut. Bahkan, nama tersebut juga memudahkan orang-orang untuk ingat dengan seorang Fresti Aldi. Selalu ingin menjadi yang terbaik buat orang lain. Selalu berpenempilan ceria walaupun dalam diri ada suatu masalah. Masalah itu akan akan besar kalau kita membesarkan masalah tersebut. Jangan pernah berharap sesuatu terjadi kalau kita tidak melakukan sesuatu, itulah prinsip hidup. Selalu tersenyum. Smile for All. With smile we can to be a good people. Don't worry. I can give my smile for you, for you and for you. Terakhir, selalu menggangap orang lain sama dengan kita. Jangan merasa hebat, tapi jangan juga merasa bodoh. Hargailah sebuah kelemahan. bye..
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

30 Balasan ke Hati-Hati, Ada Tayangan TV Bermasalah

  1. joni berkata:

    mnurutq conan tuch bagus! memang sich mencritakan ttg pembunuhan, “n” mnurutq ni tuch kartunnya nak dwasa gtu…!!!

  2. choro_cute berkata:

    gk jg….
    mnrt q conan mnarik kok. selama kita tau mna yg baik dan yg bnar gk mslah.conan memotivasi kita biar gk gmpang nyerah. kya conanyg tnpa lelah mengejar komplotan baju hitam spya bisa jd shinichi lg.
    q bnr2 gk setuju kl conan gkbleh tyang.
    dah 2minggu ne conan gk tayang. dan tu bkin q sediiiiihhhh……….bgtzzzzz…..
    hari minggu jd sepi tanpa conan

  3. frestialdi berkata:

    sebenarnya bukan bgitu..
    conan tetap bagus..
    hanya saja tidak bagus buat anak kecil
    karena banyak adegan kekerasan

  4. fitri tropica berkata:

    conan jgn dilarang dong!!!!!!!!!!!!!

    Q suka banget ma conan…….

    menurutQ filmnya tuh gak nyeritain pembunuhan scra detail kok
    cuma inti2nya aja kan diakhir crita.

    jadi buat apa dilarang???? conan tuh ngajari kita buat berfikir logis.

    mungkin jam tayangnya aja yang diubah.

  5. Tazma berkata:

    Knp sc di Ind0sIar jArAng bNgt tMpil tyAngAn yg bErbAu pNdidikan. Yg ad cM sinEtroN,,

  6. amir berkata:

    minasan…….. tolong dong kasih tahu judul lagunya bleach ketika film nya berakhir apa ya? sekarang kan judulnya Hanabi. sebelumnya apa? musiknya itu rada-rada musik China. tolong jawab sekarang ya. aku dah pusing nyari nya nih. domo arigatoogozaimasu

  7. dora berkata:

    kalo conan dibilang g bgus bwt anak2 sih tergantung cara pandangnya aja…
    cz menurut w conan oke tuch, IMAJINATIF

  8. SPIC@ berkata:

    aq bnr2 g stuju klo conan dilarang!!!

    emg sih smua crita yg ada di conan ttg pembunuhan,tp kan qt bs bljr menganalisis suatu pristiwa..

    aq suka bgt ma conan n aq sdih bgt krn di indosiar conan udh g ditayangin lg..
    lagi pula,klo conan jam tayangnya di ubah mlm kan g seru soalnya lbh cocok ditayangin pagi !!!!

  9. kk-lie berkata:

    klo kt gw conan itu bagus dan film cartoonnya gak ky film cartoon yg laiend

  10. Rita lolita berkata:

    Aq ngefans bgt dg film conan..jgn di ilangkan donk conan ny.hr mgu jd sepi bener. Indosiar tlg siarkan conan lg y

  11. chibisakura berkata:

    Sbenarnya klo anime jgn terlalu tertutup namanya tradisi luar negri ya begitu de… menurutku klo conan jgn lht ke negatif conan kan detektif mecahin kasus-kasus begitu itukan kebenaran juga… Apalagi sekarang film kartun kita ud terlalu dikit baget kebanyakan diulang-ulang terus jd bttttttt!!!…..

  12. ato berkata:

    ga’ aqu ga’ setuju lo’ conan di larang, cos tu kan flm cartoon fafority ce aq…

  13. Renna yuniareztri berkata:

    . ikhh …
    emang conan dilarang eaa?
    huhh ..
    padahal rame looo

  14. chiyoko berkata:

    hiks…. hiks… hiks….
    ko conan dilarang cii….
    tukan fil kesukaanku tau…

    klo boleh tau…
    knapa conan dilarang?
    ada masalah apa cii?
    aku pengen nonton and baca komik n film barunya!!!!!!!

    hhehe…..

  15. nova berkata:

    jangan dunzz
    aq ndak mau kalo conan i2 ndak ditayangin lagi
    aku suka bangets sama conan

  16. shina berkata:

    kpn ea ending conan’a .?????

  17. naiLa berkata:

    mnrt akoo sLma qta ngambiL positifx ajja, gag bkL knpa2, kug!
    jgn dhntikn dund pnyiaranx!
    kan seru!😦

  18. diska berkata:

    conan i love u

  19. sultan berkata:

    Gini aja dah, gue suka banget nonton detektif conan, tolong om KPI putarin donk lagi filmnya, kasih aja tuch lebel R sekaligus BO, ga apa2 kok, or jamnya malemin, gue tunggu dah ampe malem,

  20. Melodi Lydia berkata:

    kalo w sich g masalah conan jd mlm atau sore, soal’a w baru bisa nonton malem, asal jgn kemaleman bgt. conan, i like u!

  21. eko ibhe berkata:

    konan……like you…..
    jgn smpai konan di hilangkan jam tayang.y……

  22. tiara berkata:

    conan thuw bguz bgt!!!!!!!! mmotivasi qt byr ga mdah nyrah wlw pun fisik qt dah brubah……………………………….. pkokny aqu ttp suka ma conan!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  23. murni berkata:

    conan tayangin lagi dong…!
    coz seluruh keluarga gue jga pda suka koq,, n klo conan tyang, nykap yg lgi msak ajh smpe ikutan nonton…
    ya,, ya,,, ya,,,???

  24. fenny berkata:

    menurut ak conan bagus sekali ak ska conan dr 9thun yg lalu…lebih baik jamnya saja yang dirubah…jangan filmnya yang ditiadakan….padahal ak sll tunggu waktu buat conan muncul lagi di tv….tolong dipertimbangkan lg untuk tdak menayangkan film ini… cos,ak penggemar berat hehehehe thanx…

  25. enno younhakazu berkata:

    menurut Q conan N bleach baguz N seru bgdzzzzzzzzz
    cerita conan N bleach positif: saling tolong menolong sesama teman
    sedangkan negatif: conan:tentang pembunuhan,,bleach:tentang pertarungan
    kita mengambil positif nya aj jgn ambil yang negatif

  26. aku juga penggemar conan dan bleach. memang seru , tapi aku setuju sama fresti aldi. lebih baik menayangkan acara televisi yg mengandung unsur pendidikannya. tapi utk pecinta conan, naruto dan bleach, bukannya aku ngelarang sih cuma misalnya kalau sudah punya anak jangan biarkan mereka mengenal yg seperti itu dulu, belom cocok bagi usia mereka, apalagi yg masih kecil. tidak papa jam nya di ubah dan sebaiknya di beri rating R dan Bo
    Terima kasih🙂

  27. Nida Zakiyah berkata:

    Conan itu pantang menyerah, n film nya itu seru, ttg cara menganalisis suatu masalah.. aku suka semua cerita yg berbau detektif, jadi tolong conan jangan ditiadakan.. tampilkan saja klasifikasi R n BO..

  28. mariani berkata:

    publish detectiv conan
    bacause i love that name dektectiv cases of conan

  29. mariani berkata:

    ku mohon tayang kan dektectiv conansetiap hari minggu
    soalnya setiap hari senin-saptu aku sibuk (dengan pelajaran)

  30. teta berkata:

    norak bgt lw,conan animasiny keren jg.drpd nonton sinetron2 yg g jls jln crtny mndngn nnto conan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s